Sudah Tahukah Sosok Sunan-Sunan Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Islam adalah agama yang dibawa oleh warga asing dari timur tengah ke indonesia. Akhirnya membuat indonesia banyak yang memeluk agama islam. Tetapi ada juga tokoh -tokoh islam yang ikut menyebarkan islam ke seluruh indonesia yang bernama sunan atau wali allah. Sunan adalah beberapa orang yang menguasai agama islam dan mengajarkan ke orang lain. Sosok sunan sangat terkenal di negara indonesia. Sunan - sunan yang berada di indonesia
1. Sunan Ampel 
Raden rahmat atau sunan ampel merupakan sunan yang dihormati oleh para sunan lainnya. Sunan ampel sebenarnya bukan berasal dari indonesia melainkam dari negara luar indonesia. Sunan ampel akhirnya mendirikan pusat penyebaran islam di indonesia bernama demak. 

2. Sunan Gunung Jati
Nama lain dari sunan gunung jati adalah syarif hidayatulah. Banyak kabar yang beredar kalau sunan gunung jati adalah cucu dari prabu siliwangi. Sunan gunung jati menjadikan kota cirebon sebagai pusat penyebaran islam. 

3. Sunan Kalijaga 
Sunan kalijaga atau raden said adalah putra dari adipati tuban tumenggung wilaktikta. Sunan kalijaga mempunyai sosok guru yang sangat dihormati yaitu sunan bonang. Cara penyebaran islam dari sunan kalijaga cukup aneh. Karena cara penyebaran sunan kalijaga menggunakan seni ukir, gamelan dan seni tari. Jadinya akan membuat warga lebih cepat mengerti tentang islam. 

4. Sunan Gresik 
Maulana malik ibrahim merupakan nama dari sunan gresik. Sunan gresik adalah sunan pertama yang mengajarkan islam ke seluruh indonesia. Makanya dikatakan kalau sunan gresik merupakan sunan yang paling tua daripada lainnya. 

5. Sunan Kudus
Sunan kudus atau jafar shodiq adalah sunan yang memiliki beberapa ilmu islam yang sangat terperinci. Ilmu yang diajarkan oleh sunan kudus cukup keren untuk dipelajari oleh orang awam. Apalagi teknik pembelajarannya mudah dimengerti.

6. Sunan Muria
Sunan muria adalah sunan yang lahir di gunung muria. Sunan muria adalah sosok sunan yang berdakwah di kota - kota kecil daerah yang sulit dijangkau orang. Apalagi sunan muria sangat suka untuk bercocok tanam .

7. Sunan Drajat 
Sunan ampel memiliki seorang putra yang hebat yaitu sunan drajat. Sunan drajat memiliki ilmu islam dari ayahnya akibatnya dia juga menyebarkan agama islam ke beberapa daerah. Akhirnya banyak orang yang menyebutnya sunan drajat. 

8. Sunan Bonang 
Sunan bolang mempelajari islam di malaka. Karena ayahnya sunan ampel meninggal pada saat sunan bonang belajar. Ketika sunan bonang sudah pulang dari malaka akhirnya sunan mendirikan islam di tuban. 

9. Sunan Giri 
Sunan giri atau raden paku adalah sosok sunan yang belajar islam di pesantren demak bintoro. Akhirnya ketika sunan giri mulai mendapatkan ilmu yang cukup akhinya pergi berkeliling untuk menyebarkan agama islam ke seluruh pelosok jawa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Tahukah Sosok Sunan-Sunan Penyebaran Agama Islam di Indonesia"

Post a Comment

Artikel Menarik

Sejarah Jember Tempo Doeloe Dengan Sekarang